Jumat, 08 Februari 2013

Guru Yang Sukses di Bisnis NASA




Berawal dari niat untuk memanfaatkan waktu luang disela-sela kesibukan kegiatan mengajar di sebuah Sekolah Negeri di Sleman Yogyakarta, Sasmoko Eko Darmono (54) yang akrab dipanggil Pak Sas ini,memulai perjuangannya di PT. NATURAL NUSANTARA. Pada mulanya suami dari Novia Mahanani ini ragu dan sangat tidak percaya diri karena pekerjaan sehari-hari mengajar anak-anak disekolah, kok kemudian harus turun ke lahan untuk bertemu dan bicara dengan para petani dan peternak yang seumur-umur belum pernah dimengert iseluk beluknya.

 Tetapi karena sering mengikuti training dan pelatihan yang diselenggarakan oleh sponsor maupun perusahaan, akhirnya ilmu tentang agrokompleks mulai dikuasainya, terbukti sudah lebih dari seratus kelompok tani dan ternak serta organisasi pertanian yang telahdipresentasi. Bagi bapak tiga putri ini, NASA bukan lagi pekerjaan sambilan (samben) tetapi sudah merupakan pekerjaan sampingan. Artinya, NASA benar benar ditekuni disamping pekerjaan pokoknya-yang mendapat sebutan pahlawan tanpa tanda jasa- yang dilakoni sejak tahun 1983. Bisnis NASA bisa memberi peluang bagi siapa saja Banyak orang sudah tidak tertarik pada bisnis MLM dengan alasan sulit, tidak cocok, produknya mahal dan alasan lain lagi, tetapi bisnis ini cocok buat saya karena meskipun sudah bekerja seharian di kantor sebagai PNS dan tidak punya latar belakang bisnis tetapi masih bisa menjalankannya. Hal ini dikarenakan bisnis NASA begituluwes dan fleksibel artinya dapat dijalankan oleh siapa saja tanpa memandang latarbelakang dan pendidikan, dimana saja, dan di waktu kapan saja (tidak terikat waktu dan tempat) serta tidak membutuhkan modal besar. Menurut beliau, modal utama dalam menjalankan Nasa adalah :

1. Ilmu dan Ketrampilan. 
 Ilmu dan ketrampilan diperoleh dengan cara belajar dan berlatih. Banyak sarana belajar dan berlatih baik tentang teknologi dan pengetahuan produk, cara menjalankan bisnis serta ilmu motivasi yang diadakan oleh sponsor maupun oleh perusahaan. Kalaumau sukses, ya kita harus banyak belajar dari orang-orang sukses. Salah satu ilmu yang saya dapatkan dari guru besar saya Bapak. Ir.Hana Indrakusuma, MP. (Direktur PT Natural Nusantara) dan mulai saya terapkan adalah bekerja dengan konsep 4 AS, yaitu : 

Bekerja KerAS, artinya bekerja sesuai potensi dan kemampuan yang kita punya. Banyak orang yang bekerja tidak mau mengeksploitasi potensi dan kemapuan yang dipunyai, contohnya kalau orang mampu mengerjakan sampai 10, tetapi mengapa baru mengerjakan sampai 5 atau 6 kok sudah berhenti ? Banyak orang tidak mau (atau mungkin malas) untuk mengeksploitasi potensi dan kemampuannya secara maksimal. Jadi Bekerja keras menurut saya, bukanlah bekerja terus menerus siang malam tanpa henti, tapi bekerja dengan segenap potensi yang dimiliki.
Bekerja CerdAS, artinya dalam menjalankan usaha kita harus menggunakan cara dan teknik yang tepat yaitu dengan cara yang efektif dan efisien. Menurut saya, bergabung di Network Marketing adalah salah satu cara kerja yang cerdas karena ada banyak cara yang dapat mengatasi keterbatasan saya.
Bekerja TuntAS, artinya pekerjaan yang sudah kita mulai harus kita selesaikan sampai finish. Menjalankan pekerja dan usaha sampai mendapatkan hasil yang kita kehendaki dan jangan pernah berhenti sebelum berhasil (istirahat sebentar kalau capek sih boleh, tapi harus segera mulai lagi) . 
Bekerja IkhlAS, artinya menjalani pekerjaan dengan senang hati dan sungguh-sungguh tanpa ada rasa terpaksa dan serahkan hasil pekerjaan itu pada yang di atas, serta kita syukuri hasil yang telah diberikan olehNya. Kita nikmati pekerjaan itu sebagai suatu anugerah dan niatkan sebagai ibadah, karenabanyak orang diluaran sana bingung merasa tidak punya pekerjaan.

2. Motivasi dan Semangat. 
 Motivasi merupakan pendorong seseorang untuk melakukan aktivitas atau pekerjaan. Motivasi yang kuatakan menimbulkan semangat yang tinggi pula. Timbulnya motivasi dan semangat dapat dimulai daridalam diri kitasendiri, yaitu dengan menetapkan sebuah cita-cita atau impian. Motivasi saya adalah keluarga, keinginan untuk hidup yang lebih baik dan meningkat kualitasnya (dibanding keluarga orang tua dahulu yang juga PNS). Kehidupan keluarga harus meningkat seiring laju kemajuan jaman .
3. K o m i t m e n.  
 Konsistensi Menurut saya : Bekerja sesuai dengan cara dan aturan yang telah ditetapkan serta mentaati apa yang sudah kita sepakati adalah salah satu wujud dari komitmen. Menyelesaikan apa yang sudah kita mulai serta terus melakukan usaha dan jangan berhenti sampai mendapatkan hasil yang kitaharapkan adalah salah satu wujud konsistensi.

2 komentar:

  1. Salam Sukses..
    Nasa memang TOP..
    Jangan lupa berkunjung ke blog bisnis online saya Bisnis Online Nasa di http://www.klik-nasa.com

    BalasHapus